Sejarah Negara Slowakia – dimana di lihat dari abad ke 16, yang dimana ini menjadi wilayah Slowakia yang memanglah di huni oleh bangsa Slavic Slovac. Dan dilihat secara politis ad pada abad ke 9 yang dimana mereka ini akan disatukan oleh adanya kerajaan Moravia. Dan tahun 907, bangsa Jerman dan juga Hongaria ( The Magyars ) untuk bisa menundukkan adanya Moravia dan juga sejak saat itulah Slovakia ini berada di bawah kendali dari Hongaria yang memang sampai tahun 1918.

Ketika adanya penguasa Austro Hongaria ini hancur tahun 1918 yang menyusul adanya kekalahan pada PD l, Slovakia yang langsung bergabung dengan Negara Ceko yakni Bohemia, Moravia dan juga adanya sebagian Silesia yang menjadi Negara baru yakni dengan nama Cekoslovakia. Maret tahun 1939 , Jerman sendiri sudah menduduki Cekoslovakia ini juga menjadikannya sebagai Protektorat. Dan saat itulah, Slovakia in ibis menjadi Negara boneka Jerman, dengan adanya Mansignor Josef Tiso sebagai perdana Menteri. Dan musim semi tahun 1945 di akhir PD ll, Slovakia di bebaskan secara langsung dari Jerman oleh seorang tentara Soviet dan juga Slovakia yang barulah bergabung kembali dnegan adanya Ceko untuk bisa menjadi Cekoslovakia yang baru.

Di periode PD ll inilah Cekoslovakia untuk menjadi sebuah Negara komunis yang ada di wilayah Eropa Timur di bawah adanya pengaruh Soviet. Tahun 1989 juga pengaruh dari Soviet ini mulailah terkikis dan juga cekoslovakia ini kembali menjadi Negara yang bebas. Dan 1 januari 1993 silam, Slovakia dan Ceko telah melakukan sepakat untuk berpisah dengan damai yang memang kemudian bisa untuk bergabung dengan NATO dan juga oleh Uni Eropa pada musim semi tahun 2004 silam.

Secara Umum Dan Mendasar Negara Slowakia

Ibukota dari Slowakia terletak di Bratislava. Untuk system politik yang dianutnya ialah Republik Demokrasi Parlementer, dengan adanya sebuah kepala Negara yang langsung di pimpin oleh presiden, dengan kepala pemerintahannya di pimpin langsung oleh Perdana Menteri. Dari bergabungnya NATO dengan Negara Uni Eropas ini, hanya Slowakia lah yang menjadi satu-satunya Negara yang memang menggunakan mata uang Euro.

Slowakia sendiri menjadi Anggota PBB tahun 1993 dan tanggal 10 Oktober 2005 ini telah terpilih menjadi seorang anggota Dewan Keamanan PBB untuk periode tahun 2006-2007. Untuk jumlah penduduk Slowakia sendiri sekitaran 5.426,252 orang. Dengan memiliki anggota mayoritasnya beragama katholik Roma sekitar 62 %. Untuk sisanysa Protestan 8,9%, Orthodox 0,9% dan juga Khatolik Yunani 3,8% dan terakhir Atheis sebanyak 13,4%.

Luas wilayah Negara ersebut sekitaran 49.035 km2 yang langsung terbagi atas 8 region diantaranya Brqatisliva, Trnava, Trencin, Nitra, Zilina, Banska Bystrica, Presov serta Kosice. Yang dimana trdapat kota-kota besar yang ada di Slowakia seperti bagian tersebut. Untuk Slowakia ini sendiri adanya Landlock Country yang ada di Eropa Tengah yang langsung berbatasan dengan Austria, Ceko, Hungaria, Polandia serta Negara Ukraina.

Melihat Ekonomi Dari Negara Slowekia

Yang dimana Negara ini sendiri menjadi sebuah Negara yang memang memiliki sebuah perekonomian yang langsung berorientasi pada sebuah ekspor dan juga investasi. Walaupun luas Negara ini terbilang relative kecil, namun sangatlah terintegrasi serta berada langsung pada sebuah posisi yang sangatlah strategis sebagai Economic hubungan bagi Negara-negara kawasan Eropa Tengah dengan Eropa Timur. Disini adanya pertumbuhan ekonomi ini semakin membaik dengan mendorong Slowakia untuk bisa menjajaki pasar yang ada di Luar kawasan Eropa sebagai salahs atu Upaya untuk di versifikasikan dengan adanya tujuan ekspor Slowakia.

Dari perekonomian ini, bisa kalian lihat dari adanya sebuah komoditas-komoditas yang ada di dalam maupun di luar seperti ( Komoditas pada ekspor dan juga komoditas pada bagian impornya ). Dalam hal ini bisa kita lihat dengan betul sedikit penjabaran dari sejumlah hasil yang di berikan oleh komoditas yang ada di Negara Slowakia ini.

# Komoditas Impor Yang Paling Utama Dari Negara Slowakia

Dari Negara ini terbagi menjadi beberapa penghasilan yang ada. Di lihat dari penghasilan lautnya, hasil dari perkebunan serta pertaniannya, hasil kerajinan dengan furniturenya. Seperti berikut ini :

  • Hasil dari perikanannya : bisa dilihat adanya hasil udang, ada ikan, ada kerang, dan beberapa biota laut lainnya yang ada di sana.
  • Hasil dari perkebunan dan juga pertaniannya : banyak terdapat teh, ada juga kopi, kelapa sawit, coklat, rempah-rempah yang sangat khas, buah-buahan, karet, dan berbagai jenis lainnya dari penghasilan pertanian serta perkebunannya.
  • Hasil dari adanya kerajinan dan juga furniture : adanya sebuah garmen dan juga tekstil yang ada. Dari sini terdapat pakaian olahraga, pakaian dalam, ada juga kaos kaki, dan berbagai macam hasil kerajinan yang bisa di buat untuk di impor oleh Negara Slowakia ini. tidaklah ketinggalan juga seperti halnya Sepatu Olahraga, lalu ada banyaknya produk dari kertas seperti ( tumpukan kertas yang di buat untuk kertas fotocopy, buku-buku tulis, dan berbagai jenis lainnya. Termasuk padaperlengkapan dan juga peralatan listrik berupa computer dan juga sound system.

# Komoditas Ekspor Yang Paling Utama Dari Negara Slowakia

Yang dimana selain adanya komoditas Impor tadi, di Negara Slowakia ini juga memiliki produk pilihan untuk barang ekspornya. Dimana semua itu ada dari berbagai macam produk yang ada. Yakni, adanya, produk-produk dengan teknologi tinggi, lalu ada juga produk mengenai mesin terutama sekali mesin pada pertanian, produk-produk bersenjata, lalu adanya sebuah bahan-bahan Kimia dan tentunya dengan Farmasi, terdapat juga Reaktor nuklir, kendaraan, peralatan music, alat-alat pengukur yakni Measuring Equipment, ada juga tools yang di sertai dengan Metals dan glass.

Slovakia Sempat Merasakan Krisis Di Eropa

Tepatnya Bratislava sempat ikut merasakan yang namanya Krisis Moneter terparah dan juga menimpa langsung Negara Eropa seperti halnya Negara Yunani dan juga Negara Spanyol dalam beberapa tahun terakhir secara langsung pun sempat membuat Negara lainnya ini ikut kena imbas. Diantaranya adalah Slovakia, Negara Eropa Tengah ini yang memanglah sempat terjangkit sebuah virus krisis Eropa dikarenakan sejak tahun 2009 lalu Negara Eks Komunis ini sendiri bergabung dnegan mata uang Euro.

Menteri Ekonomi serta pembangunan Slovakia Tomas Malatinsky ini sempat menghadapi sebuah masalah. Namun dalam hal ini, pihgaknya sudah mulai untuk melakukan perbaikan yang misalnya melakuakn sebuah control anggaran dengan sangat tepat dan juga terus menangani adanya pengangguran cukup tinggi di Negara Slovakia ini.

Walau seperti itu, pertumbuhan ekonomi Slovakia ini relative positif meski terbilang lemah. Dengan adanya sebuah pembenahan terhadap kinerja ekspor dengan sangat focus mengalihkan adanya produk-produk tertier yang bisa di jual seperti halnya untuk otomotif, produk-produk mendasar seperti ekspor gandum dan lainnya. Menurut dari sebuah data ekonomi eks komunis ini sendiri sempat tumbuh minus di 3% pada tahun 2009, dan di tahun 2010 dengan 0% saja, dan tahun 2011 mencapai diangka 2%. Diperkirakan , ditahun 2012 menyusul adanya 3% saja.

Recent Posts

Tags